Smart and Religious!

Nasionalisme

Hari Guru Sedunia

10

Hello guys, gimana kabarnya nih? Sehat dong pastinya. Oke, kembali lagi bersama kita tim redaksi Al Ushwah Al  Fusha yang pastinya tak ketinggalan berita terkini. Kali ini kita akan membahas tentang “Hari Guru Sedunia”.

Apa sih yang kalian ketahui tentang Hari Guru Sedunia itu? Kapan kita memperingatinya? Yups, disini kita akan menjelaskan tentang Hari Guru Sedunia. Tapi, tahukah kalian? Bahwa peringatan Hari Guru Sedunia ditanggal 5 Oktober itu tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional dibeberapa negara negara. Contohnya saja di Indonesia. Hari Guru Nasional Republik Indonesia diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia di tanggal 25 November.

Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober ini diperingati sejak tahun 1994. Ada pun tujuan adanya peringatan hari guru ini ialah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia. Dukungan ini dicanangkan untuk memberi keyakinan bahwa generasi masa depan kehidupannya ditentukan oleh guru.

UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) menyatakan bahwa adanya peringatan Hari Guru Sedunia ini merupakan sebuah wujud rasa pemahaman, apresiasi, dan kepedulian untuk guru yang mengajar dan mendidik membangun generasi masa depan. Penetapan Hari Guru sedunia ini berdasarkan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Dalam dokumen yang ditandatangani dijelaskan bahwa standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru bisa diadvokasi.

Tidak hanya sebatas penghargaan atas jasa-jasa guru di dunia, Hari Guru Sedunia juga menjadi tolak ukur terkait hak, tanggung jawab, dan kegiatan belajar mengajar. Momentum peringatan di tahun ini kiranya juga akan fokus pada kegiatan guru yang mengajarkan siswa dari rumah akibat pandemi COVID-19.         Biasanya, di beberapa negara, peringatan Hari Guru Sedunia ini dilakukan dengan memberikan hadiah sederhana (bunga atau coklat) yang diberikan oleh siswa. Hal ini menunjukkan ungkapan terima kasih dari siswa kepada guru yang sudah mengajarnya.

Nah, itulah seputar Hari Guru Sedunia yang perlu diketahui, terkhusus untuk para pelajar. Kita sebagai siswa harus selalu menghormati guru kita kapanpun dan dimanapun kita berada.cukup sampai disini dulu ya teman-teman

Thanks for your nice attention See you….

Wassalamualaikum Wr Wb.

Leave A Reply

Your email address will not be published.