Smart and Religious!

Sport

Sirkuit Mandalika Lombok

7

Hai guys, berjumpa lagi dengan kami  Al Uswah edisi ke-51 yang tentunya ditunggu-tunggu kehadirannya ya…. Yaaap pada edisi ke-51 kita akan membahas tentang Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok. Oleh karena it, pecinta Moto GP yuk merapat!

Bagi pencinta MotoGP.Mandalika International Street Circuit adalah bagian dari kawasan pariwisata yang dijuluki ‘Bali baru.’ World Superbike akan digelar di sirkuit ini pada tanggal 12 sampai 14 November mendatang, dan Moto GP pada bulan Maret 2022. Setelah target pembangunan sirkuit tercapai, di bulan Juli, MGPA akan mengundang Federasi Balap Motor Internasional (FIM) untuk proses homologasi atau sertifikasi. Sertifikasi bertujuan untuk memastikan sirkuit Mandalika layak digunakan dan aman dari sisi infrastruktur dan bangunan penunjang untuk melaksanakan balapan motor sport.

“Jika homologasi sudah didapatkan kami akan mengadakan test race,” lanjut Dwi. “Kita berencana mengundang rider pada saat MotoGP bertanding di Asia Pasifik bulan Oktober dan November.”Setelah itu, menurut Dwi, barulah Indonesia bersiap mengadakan MotoGP di bulan Maret 2022.Pembangunan KEK Mandalika akan terus berjalan setelah pembangunan sirkuit selesai. Menurut Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, saat ini bahkan pembangunan KEK Mandalika masih pada tahap ‘infrastruktur mode’.

“Kita lengkapi infrastruktur, drainase, penerangan jalan, dan sebagainya, supaya kawasan ini lebih terlihat menarik. Tapi kita kembangkan sirkuit ini untuk menarik investor,” kata Bram di kantor ITDC di Mandalika.

akan mulai beroperasi.”ITDC punya dua kawasan. Kawasan Nusa Dua (Bali) itu membutuhkan waktu 37 tahun dari mulai awal sampai sekarang seperti itu,” kata Bram.

Saat ini Sirkuit Mandalika sedang dikebut penyelesaiannya agar bisa digunakan secara maksimal pada Moto GP 2022.Menggelar F1 di Sirkuit Mandalika adalah tantangan tersendiri, baik untuk F1 maupun MGPA. Apalagi fasilitas yang dibutuhkan lebih banyak ketimbang Moto GP.

Sirkuit ini  sudah menyelesaikan proses pengaspalan dan hal ini mendapat perhatian dari Direktur Eksekutif World SBK Gregorio Lavilla. Dia bahkan secara khusus memuji cepatnya pembangunan trek dan menyebut jika hal ini terus berlanjut, maka balapan di Sirkuit Mandalika bisa digelar sesuai jadwal.”Sirkuit di Indonesia (Mandalika) masih dalam proses pengerjaan. Trek dan bagian pengamanan sudah selesai dikerjakan. Sementara Race Control, ruang medis, TV Compound dan heliport sudah setengah jalan proses pembuatannya,” kata Lavilla.”Untuk hotel, kami telah mendapat jaminan jumlah kamar besar bakal tersedia untuk seluruh komunitas paddock.”

Sementara untuk tunnel, dikabarkan sudah selesai. Dilansir dari laman resmi MGPA, tunnel ini berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek yang tetap akan beroperasi ketika balapan berlangsung. Jenis aspal yang digunakan bahkan baru dipakai tiga trek di dunia yaitu Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia). Dorna memberikan pujian dengan menyebut Sirkuit Mandalika sebagai Circuit Super Safe atau sirkuit dengan level keselamatan tinggi.”Dalam Virtual Inspection Track beberapa hari lalu dengan DORNA Sport, mereka menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika sebagai Circuit Super Safe (sirkuit dengan level keselamatan tinggi) .Salah satunya aspal yang memakai SMA (Stone Mastic Asphalt). Tercatat hanya ada empat trek di dunia ini termasuk Sirkuit Mandalika, di mana aspal sudah menggunakan SMA.  SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Tujuannya memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kerja stone by stone. Sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

Kelas MotoGP akan menggelar dua uji coba pada awal 2022 jika tak terhalang pandemi Covid-19. Uji coba pertama digelar di Sepang, Malaysia, yang terdiri dari uji coba shakedown dan pramusim. Sementara itu, uji coba kedua digelar di Mandalika, Indonesia. Sebagai catatan, uji coba shakedown hanya akan diikuti oleh para test rider, para debutan, dan para pembalap reguler dari pabrikan berkonsesi. Di lain sisi, kelas Moto2 dan Moto3 hanya akan menggelar satu uji coba, yakni di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dorna Sports juga mengumumkan seri perdana Moto GP 2022 akan tetap digelar di Sirkuit Losail, Qatar, tepatnya pada 4-6 Maret mendatang. Meski begitu, Dorna belum merilis kalender balap 2022 secara keseluruhan.

Uji coba MotoGP 

31 Januari-2 Februari: Sepang, Malaysia (Shakedown)

5-6 Februari: Sepang, Malaysia (Pramusim)

11-13 Februari: Mandalika, Indonesia (Pramusim)

Uji coba Moto2 dan Moto3

22-24 Februari: Jerez, Spanyol (Pramusim)

Sekian artikel yang dapat kami sajikan, tentunya kita harus lebih bangga menjadi warga Negara Indonesia ya gais, karena memiliki  Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting  dibidang olahraga  khususnya Moto GP. Hal tersebut menjadi salah satu ikonik sepanjang musim. Tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan kejuaraan. Semoga pembangunan segera selesai dan kita bisa menyaksikannya secara langsung ya guys.. aamiin

Leave A Reply

Your email address will not be published.