Smart and Religious!

International News

Organisasi Taliban Menguasai Afghanistan

7

Assalamualaikum sobat Al Uswah, beremu lagi di edisi ke -51 yaa,, pada kesempatan kali ini kita akan membahas negara yang berada di persimpangan Asia yaitu , Afghanistan. Seperti apa beritanya, yuk kita simak!

Taliban muncul pada 1994 sebagai kekuatan yang menginginkan ketertiban sosial di provinsi selatan Afghanistan.pada akhir tahun 1996,kekuatan Taliban membesar karena dukungan dari kelompok etnis pashtun  dan  islam konsertativ di luar negerif .

Dewan keamanan PBB  mengecam tindakkan kelompok ini karena kejahatannya terhadap warga Negara Iran dan Afghanistan.Taliban melakukan berbagai aksi pelanggaran HAM di Afghanistan.kelompok ini hanya mendapat pengakuan diplomatik yaitu Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi. Mohammed Omar pendiri Taliban,adalah Mullah Desa (pelajar yunior agama islam) yang sebagian besar belajar madrasah di Pakistan dan tokoh-tokoh yang lain yang juga berpengaruh dalam kelompok Taliban diataranya Haibatullah Akhundzada (panglima tertinggi),Abdul Ghani Baradad (wakil pemimpin), Sirajuddin Haqqani (pemimpin kelompok teroris), Mohammad Yaqoob (putra pendiri Taliban), Abdul Hakim Haqqani (Negosiator utama), Sher Mohammad Abbas Stanikzai (Diplomat kunci), dan Zahibullah Mujahed (juru bicara utama)

Penggulingan 2001

Pemeritahan Taliban digulingkan oleh Amerika Serikat karena melindungi pemimpin Al-Qaeda (dianggap beberapa negara sebagai teroris internasioanal) Osama bin Laden yang dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001. Invasi ini dimulai pada bulan Oktober sampai bulan November 2001 dengan cara mengejutkan,sehingga pihak Talibanpun dengan mudah keluar dari ibu kota Afghanistan, Kabul sehingga pihak amerika cepat dan mudah mengambil alih. Sejak 2001, pasukan Amerika dan negara sekutu seperti Britania dan Jerman mulai menduduki Afghanistan untuk menumpas Taliban dan membantu menjaga keamanan Negara.

 Serangan 2021

Pada Mei 20121, pasukan Amerika Serikat dan n egara-negara sekutunya mulai menarik diri Afghanistan secara bertahap ,karena peristiwa tersebut,Taliban kembali memberontak terhadap pemerintah Afghanistan, akibat pemberontakan ini ratusan hingga ribuan penduduk Afghanistan harus mengungsi ke ibu kota Kabul.beberapa diantaranya ada yang melarikan diri keluar negeri.terkait dengan pemberontakan tersebut presiden Amerika Serikat yaitu Joe Bidden mengerahkan kembali 3000 personel militer AS untuk bekerja sama dengan militer Afghanistan dalam melwan Taliban,pasukan cadangan juga disiagakan di negara-negara terdekat seper Kuwait, Arab Saudi dan Qatar.

Pada tanggal 13 Agustus 2021 Taliban telah menguasai 10 wilayah Afghanistan dalam kurun waktu 6 hari. Kota-kota utama seperti Kandahar, Herap, dan Jalalabad telah jatuh ke tangan Taliban. Pada 15 Agustus 2021 pihak Taliban pun mengepung wilayah ibu kota
(Kabul) dan bernegosiasi denganj pemerintah Afghanistan agar pemerintah Afghanistan menyerahkan kekuasannya secara damai. Akibat pengepungan tersebut presiden Afghanistan Ashraf Ghani segera dievakuasi dan meninggalkan Afghanistan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.