Smart and Religious!

Knowledge

Latah, Kebiasaan atau Gejala Penyakit?

11

Assalamualaikum wr. wb.

Seringkali kita mengatakan atau melakukan suatu hal secara tidak sadar ketika terkejut. Orang sering menyebutnya dengan istilah latah. Nah, apa itu latah? Kebiasaan atau justru gejala suatu penyakit? Berikut sedikit ulasan tentang penyakit latah, Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat

Menurut KBBI edisi ketiga, latah mempunyai arti; Menderita sakit saraf dengan suka meniru-niru perbuatan atau ucapan orang lain. Berkelakuan seperti orang gila, misalnya; karena kehilangan orang yang dicintai. Menurut Dr. Rinrin R.kaltarina, Psi.,M.si., latah adalah ucapan atau perbuatan yang terungkap secara tak terkendali setelah terjadinya reaksi kaget .

Latah adalah ucapan atau perbuatan yang terungkap atau tidak trekendali, pascareaksi kaget (starled reaction).saat latah muncul yang berkuasa alam bawah sadar (subconcious). Latah adalah suatu keadaan fisik di mana penderita secara spontanitas mengluarkan respon (berupa ucapan kata kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) tehadap suara atau gerakan yang sifatnya  mengagetkan penderita. Sejauh ini,latah baru di temukan  di budaya dan orang asia tenggara, terutama orang Indonesia dan Malaysia. Oleh sebab itu, latah dianggap sebagai suatu sindrom khusus kebudayaan.(Winzeler, Robert L., Latah in Southeast Asia: The History and Ethnography of a Culture-bound syndrome, Cambridge University press, 1995).

Penyebab utama latah adalah kecemasan atau tertekan gara-gara stres. Ada beberapa teori yang menyababkan timbulnya gangguan latah, yaitu teori pemberontakan. Dalam kondisi latah, seseorang bisa mengucapkan hal-hal yang dilarang tanpa merasa bersalah. Gejala ini semacam gangguan tingkah laku.

Teori kecemasan.gejala latah muncul karena yang bersangkutan memiliki kecemasan terhadap sesuatu tanpa ia sadari. Rata-rata, dalam kehidupan pengidap latah selalu terdapat tokoh otoriter, entah ayah atau ibu. Teori pengondisian. Inilah yang disebut latah gara-gara ketularan. Seseorang mengidap latah karena di kondisikan oleh lingkungannya, misalnya gara-gara latah, seseorang merasa diperhatikan dan diperhatikan oleh lingkungan. Dengan begitu, latah juga merupakan upaya untuk mencari perhatian. Latah semacam ini di sebut “Latah gaul”.

Menurut dr.Rinrin R.Kaltarina, Psi.,M.Si., ada empat macam latah.

  1. Ekolalia: mengulangi perkataan orang lain
  2. Ekopraksia: meniru gerakan orang lain
  3. Koprolalia: mengucapkan kata-kata yang dianggap tabu / kotor
  4. oprolalia: mengucapkan kata-kata yang dianggap tabu / kotor
  5. Automatic obedience: melaksanakan perintah secara sepontan pada saat terkejut, misalnya; ketika penderita dikejutkan dengan seruan perintah seperti “sujud” atau “peluk”. Ia akan segera melakukan perintah itu.

Nah, sekarang sudah paham, ya, arti dari istilah latah. Semoga bermanfaat. See you on the next edition.

Leave A Reply

Your email address will not be published.