Smart and Religious!

News

Euforia MAPSI, Al Fusha Torehkan Prestasi

39

 

Lomba MAPSI merupakan akronim dari lomba mata pelajaran dan seni islam yang diadakan oleh musyawarah guru mapel PAI se-kabupaten Pekalongan. Sesuai dengan namanya, lomba ini bertumpu dari berbagai aspek dalam nilai-nilai agama Islam yang mencakup Pidato dengan tema keagamaan, Tartil Al-Quran, Rebana, CCI atau cerdas cermat islam, Kaligrafi, Tilawatil Quran, dan Tahfidz Al Quran.

Yang biasanya dilaksanakan tiap tahun, lomba MAPSI sempat terhenti di tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan pelaksanaannya. Usai tertunda pada tahun sebelumnya, akhirnya MAPSI dapat terlaksana di tahun 2021 meski dengan teknis yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. MAPSI kali ini dilaksanakan melalui online. Di mana peserta mengirimkan hasil rekaman video untuk kemudian dinilai oleh para juri.

Berpartisipasi dalam MAPSI sudah menjadi agenda rutin bagi tiap Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten Pekalongan, begitu pula dengan SMP Al Fusha. Tahun ini, SMP Al Fusha kembali mengirimkan wakil-wakil terbaiknya untuk ikut bersaing dalam perlombaan. Meski tidak dapat dilakukan melalui tatap muka secara langsung, tak mengurangi satu sen pun semangat dan motivasi siswa-siswi demi meraih hasil terbaik. Setelah melalui proses yang panjang, mulai dari latihan, perekaman, hingga akhirnya hasil perlombaan diumumkan. Berikut ini data peserta Lomba MAPSI disertai peringkat yang diperolehnya.

No. Jenis Lomba Nama Peserta Juara
1. Cerdas Cermat Islami 1.     Zaskiyah Sofarina

2.     Syafira Hanna Pratiwi

3.     Benazir Mei A.

1
2. Tartil Al-Quran 1.      Zamira Pijar Arundaya

2.      Sherin Eka Yuniarsih

2

4

3. Tilawatil Al-Quran 1.      M. Wafiq Ayi Al Khani

2.      Sherin Eka Yuniarsih

3

2

4. Tahfiz Al Quran 1.      Iqbal Azzahrir Atmojo

2.      Najwa Fawziah A.

11

12

5. Pidato 1.      An’im Falahuddin

2.      Nadia Nurul Ulya

13

4

6. Kaligrafi 1.      M. Ajrul Amilin 1
7. Rebana 1.      Zamira Pijar Arundaya

2.      Ahmad Musyafa

3.      Sherin Eka Yuniarsih

4.      Afelia Najwa Pramesti

5.      M. Ibnu Thoha

6.      Sakhirul Ibnu Aqil

7.      M. Bagas Al-Masyhari

8.      Saiful Huda

9.      M. Al Barizi

10.  Achmed Zulfahmi R.

11.  Chaidar Dzulqurnain

12.  Hafidzi Ibnu Mas’ud

13.  M. Rafli F.

14.  Dimas Maulana R.

15.  Ariq Adi F.

16.  Dinar Ahmad Khoiri F.

1

 

Dengan hasil tersebut sekaligus menobatkan SMP Al Fusha sebagai juara umum Lomba MAPSI tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2021. Dengan demikian, tradisi membawa pulang trofi juara umum yang sudah dua kali diraih yakni pada tahun 2018 dan 2019 kembali dapat diraih. Torehan prestasi ini diharapkan dapat menjadi pelecut semangat serta asa bagi seluruh siswa yang berada di lingkup Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha.

Sebagai sekolah dengan basic pesantren, MAPSI menjadi wadah yang tepat untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang keagamaan sebagaimana telah diajarkan di lingkungan pesantren. Kehadiran Lomba MAPSI bukan hanya menjadi ajang perlombaan antar sekolah, melainkan pembuktian akan eksistensi penerapan nilai-nilai serta seni agama Islam dalam diri siswa-siswi yang tertuang melalui perlombaan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.