Smart and Religious!

Up to Date

Dewan Ambalan Pramuka

12

Assalamualaikum W.W.,

Hallo Sobat Al Uswah,  bertemu lagi dengan kita Tim Redaksi  Al Uswah yang pastinya akan memberikan informasi terbaru yang ada di Pondok Pesantren Al Fusha tercinta ini. Oke, guys pada edisi Ke-51 ini tim Redaksi akan membahas sedikit tentang kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA SMK Al Fusha.

Nah, bagi kalian khususnya para santri Al Fusha pastinya sudah tidak asing dong dengan ekstrakurikuler yang satu ini.

Pada tahun ajaran baru di kelas 10 ini, sudah mulai aktif seperti biasa, baik SMP SMA SMK Al Fusha telah mengadakan kegiatan pramuka yang hanya dikhususkan untuk kelas 10. Di samping itu ada juga kelas 11 yang dipilih langsung oleh guru untuk menjadi Dewan Ambalan. Siswa-siswa yang dipilih pastinya merka mempunyai bakat dalam hal kepramukaan.

Oh iya, Sobat Al Uswah, kalian tahu nggak sih apa itu pramuka? Bagi kalian yang belum tahu tentang kegiatan pramuka, tim redaksi Al Uswah akan memberi sedikit ulasan untuk kalian.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Pramuka juga merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Kepramukaan merupakan wadah proses pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter generasi bangsa yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan”. Adapun tingkatan anggota gerakan Pramuka terdiri dari;

  1. Siaga (Usia 7-10 tahun)
  2. Penggalang (Usia 11-15 tahun)
  3. Penegak (Usia 16-20 tahun)
  4. Pandega (Usia 21-25 tahun)

Pramuka juga bertujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki  para santrinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Dengan adanya kegiatan pramuka ini juga menambah semangat para santri Al Fusha karena di samping itu para siswa juga diajarkan berbagai macam game yang seru.

Lalu, apa itu Dewan Ambalan? Dewan ambalan biasanya berjalan  untuk membantu Pembina pramuka saat menjalankan tugasnya. agar tetap aktif, caranya dengan membimbing para siswa kelas 10 dalam kegiatan kepramukaan.

Biasanya Dewan Ambalan mengajarkan berbagai macam clu dalam pramuka termasuk Dasa Darma. Selain itu, mereka juga mengajarkan PBB (Pasukan Baris-Berbaris), Tali-temali, Smaphore, Sandi-sandi pramuka seperti: Sandi Morse, Sandi Pluit, Sandi Kotak, Sandi Rumput, Sandi Angka, dll.

Perlu kalian tahu nih, Guys… ada juga lho manfaat kegiatan dari adanya ekstrapramuka ini, yaitu :

  1. menambah wawasan para santri.
  2. lebih percaya diri dan aktif dalam berorganisasi.
  3. melatih mental para santri agar lebih disiplin dalam membagi waktu.
  4. membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak mulia para santri.
  5. menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
  6. menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para santri
  7. menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara.

Wah… ternyata banyak sekali ya Sobat Al Uswah, manfaat dari pramuka itu. Oleh karena itu, mari kita bersemangat untuk mengikuti kegiatan Pramuka!

Okey, cukup sekian dari kami tim redaksi Al Uswah. Dan jangan lupa tunggu edisi-edisi berikutnya ya!

See you next time!

Wassalamualaikum W.W.

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.