Smart and Religious!

Maulid Nabi Muhammad SAW

60

 

Sobat Al Uswah ketemu lagi bersama tim redaksi Al Uswah!

Sobat Al Uswah pernah nggak sih, kalian berfikir untuk apa kita merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW? Saat kelahiran Rasulullah di sana (nama tempat kelahiran nabi) Nabi Muhammad dilahirkan oleh ibu yang bernama Aminah. Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah. Beliau di lahirkan di dunia pada hari Senin, 12 Rabiul Awaltepatnya pada tahun Gajah. Secara bersamaan ayah beliau ikut berperang pada perang gajah  yaitu Abdullah yang meninggal pada perang tersebut saat itulah yang dinantikan oleh para umat muslim seluruh dunia yaitu kelahiran nabi kita Nabi Muhammad SAW dan juga menjadi nabi teakhir sekaligus penutup para nabi terdahulu. Ajaran beliaulah yang sampai sekarang masih diikuti oleh para seluruh umat muslim.

Rasulullah SAW sangat istimewa di mata para umat muslim. Sebagai utusan dalam menuntun umat Islam kepada ajaran yang benar, Allah memberikan segala mukjizat yang luar biasa kepada Nabi Muhammad. Mukjizat ini juga bisa diceritakan pada anak sebagai pemahaman baru akan sejarah Islam, serta diharapkan dapat anak amalkan dalam kehidupan.salah.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah diturunkannya Alquran. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Alquran merupakan mukjizat pertama dan menjadi mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad diantara 4 kitab lainnya.

Mukjizat Nabi Muhammad yang kedua adalah membelah rembulan. Kejadian ini bermula ketika orang-orang kafir tidak percaya perjalanan Isra Miraj yang telah Rasul selesaikan. Kisah ini terjadi pada saat sebelum Rasulullah berhijrah ke Madinah kemudian orang-orang kafir menantang Nabi Muhammad untuk menunjukan kenabiannya dengan membelah bulan saat itu Rasulallah sedang berada di Mina  kaum kafir pun menentang Nabi Muhammad untuk membelah bulan.

Mukjizat Nabi Muhammad yang ketiga adalah air yang mengalir dari jemari tangan diceritakan pada hari Al-Hudaibiya (perjanjian), ada banyak orang yang merasakan kehausan kala itu. Setelah menyelesaikan wudhu dengan air yang seadanya, mereka bergegas mengunjungi Nabi Muhammad. Orang-orang tersebut mengatakan kepada Rasulullah bahwa mereka tidak memiliki air untuk wudhu maupun minum, kecuali sepanci air kecil yang tidak cukup untuk semua orang. Mengetahui hal tersebut, Rasulullah kemudian meletakan tanggan ke dalam panci dan air mulai mengalir dari jari-jarinya seperti mata air. Berkat kehendak Allah, akhirnya semua orang dapat minum dan wudhu tanpa merasa kekurangan.

Jadi tidak  lain dari itu masih banyak mukjizat Nabi Muhammad yang mungkin sebagin dari kalian tahu. Tidak dipungkiri kenapa Nabi Muhammad begitu sempurna dengan adanya mukjijizat tersebut ialah yang akan menuntun umat islam ke jalan yang lurus maka dari itu Nabi Muhammad SAW diberi mukjizat oleh Allah untuk menyakinkan para umatnya

Tidak jauh dari itu Nabi Muhammad juga memiliki akhlak yang begitmulia sehingga patut kita jadikan tauladan. Eits….. nggak lengkap rasanya tanpa mengucap sholawat (shollualannabi muhamad ) agar kita mendapatkan syafaatnya di dunia maupun di akhirat.

Tidak kalah lagi niih pondok kita merayakan Maulid dengan penuh hikmat yang dilaksanakan di bawah rinai rembulan. Al Fusha mengadakan serangkaian acara Maulid Nabi Muhammad yang di hadiri oleh Habib Muhammad bin Ali Al Athos dan pengasuh pondok pesantren Al Fusha, Abah KH Muhammad Dzilqon  dan ditampilkan oleh tim hadroh 2 aliyah banin dan cupikan kisah kelahiran  Nabi Muhammad SAW dari santri banat  serangkaian acara tidak luput dari mau’idhoh hasanah yang disampaikan oleh Al Karim Al Mukarom Habib Muhammad bin Ali Al Athos beliau dari Tegal .Maulid dengan diiringi oleh tim hadroh klas 2 aliyah yang membuat hati tenang dan para santri dan hadirin mendengarkan ceramah dari Al Habib Muhamad sampai acara selesai dilanjutkan dengan kegiatan makan-makan (mayoran). Acara pun selesai.

Nah, sobat Al Uswah , sungguh luar biasa bukan kisah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari acara Maulid Nabi ini. Oleh karnena itu, kita sebagai umat muslim khusus nya umat Rasullalah harus memperbanyak sholawat dan beribadah kepada Allah agar mendapat syafaat-Nya kelak nanti di yaumul akhr. Aamiin….

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.