Smart and Religious!

Edukasi

Aplikasi Pembelajaran di SMA AL-Fusha

76

 

Hai…apa kabar? Jumpa lagi dengan Majalah Al Uswah edisi ke-52. Pembelajara di SMA Al Fusha telah memakai laptop, pastinya tak terlepas dari aplikasi/situs pembelajaran oline. Oleh karena itu, kita dari tim Al Uswah akan membagikan informasi tentang aplikasi yang digunakan pada  pada saat KBM berlangsung di SMA Al Fusha.  Untuk lebih jelasnya yuk kita simak berita terlengkap?

Apa sih itu edmodo?

Menurut Wikipedia, Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasikolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua. Atau bisa disebut platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid.

Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para guru dan murid. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.

Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut. Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

Edmodo didirikan oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara pada tahun 2008 dan perusahaan ini bermarkas di san Mateo, California. Saat ini Edmodo telah memiliki 100 juta pengguna. Seluruh pengguna ini tersebar di 400.000 sekolah di 190 negara. Edmodo juga bisa digunakan dalam pc, laptop windows, machitos maupun hp android ataupun ios. Bisa didownload di playstore untuk android dan di appstore untuk ios. Tenang aja, edmodo gratis kok ,kalian hanya perlu jaringan online untuk mendownloadnya.

Edmodo juga memmpunyai banyak fitur  unggulan yang mempermudah siswa,guru,dan orang tua loh. Berikut adalah fitur-fitur unggulan dari edmodo.

Parent Code

Edmodo bukan hanya mempermudah siswa dalam proses pembelajarannya dan juga Guru dalam mengelola sistem pembelajaran. Namun, orang tua juga dapat mengambil peran melalui platform Edmodo ini dan agar bisa ikut berperan dalam platform ini orang tua harus mendaftarkan akunnya ke dalam aplikasi atau website Edmodo.

Award Badge

Sebagai bentuk apresiasi maupun penghargaan terhadap muridnya di Edmodo guru dapat memberikan Sebuah Award Badge. Murid yang mampu menuntaskan kuis, ujian, dan tugas dengan baik serta mendapat nilai yang baik berhak untuk menerima sebuah award badge dari gurunya.

Dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak bahwa fitur polling berhubungan dengan yang namanya pengambilan suatu suara. Fitur ini membantu para guru dalam menggunakan Edmodo untuk mengetahui respon murid-muridnya. Misalnya ketika murid sudah menyelesaikan sebuah tugas maupun kuis.

Assignment

Fitur inilah yang paling berperan besar untuk membantu tugas dari seorang guru terhadap muridnya. Dengan fitur Assignment ini guru diberikan pelayanan oleh Edmodo untuk lebih efektif dan efisien dalam memberikan tugas kepada muridnya.

Quiz

Zaman yang serba digital ini membuat berbagai kegiatan juga bisa dilakukan melalui via internet. Dulu untuk melaksanakan sebuah kegiatan ujian, kuis, dan kegiatan evaluasi pembelajaran lain pasti dibutuhkan kertas soal dan jawaban, sekarang hal itu bisa lebih diefisiensikan dengan bantuan fitur LSM. Dalam Edmodo ini terdapat fitur Quiz yang dapat membantu guru untuk memberikan ujian secara online baik itu quiz, ujian, ulangan, dan hal-hal lain

Library

Seperti umumnya sebuah perpustakaan yang menyimpan berbagai dokumen penting bagi pembelajaran baik itu buku, soal ujian tahun lalu, referensi-referensi jurnal, dan lain-lain, di dalam platform Edmodo juga terdapat fitur tersebut. Bedanya fitur Library di Edmodo dan dunia nyata lebih kepada efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Fitur ini dapat menampung berbagai macam file dan link yang digunakan guru sebagai bahan ajar murid-muridnya.

Disamping menggunakan aplikasi/situs pembelajaran,para siswa juag harus tetap menggunakan buku tulis untuk pembelajarannya.dan para murid juga harus semangat belajar agar tercipta pembelajaran yang efektif.

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.