Smart and Religious!

677

Assalamualikum wr.wb jumpa lagi guys. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan pastinya dalam lindungan Allah SWT ya….
Ngomong-ngomong tentang liburan, di Jawa Timur punya tempat-tempat keren yang wajib kalian kunjungi.. yaap pada bulan januari ini, kelas IX EL KHANSA 08 ini study tour loh… Dan tujuan nya pun ke Jawa Timur. Mau tau cerita lengkap nya…? Simak dengan baik-baik yaaa gais.
Setelah pandemi yang berlangsung lama…. Akhirnya SMP AL FUSHA mengadakan kembali kegiatan study tour. Tujuan utama study tour ini untuk memberikan penghormatan dan doa kepada pahlawan-pahlawan islam yang telah gugur dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Study tour ini berlangsung selama 2 hari 3 malam ke Jawa Timur, Lebih tepatnya ke Tuban, Lamongan, Surabaya, Madura, dan Kota Batu Malang. Untuk santri banat berangkat pada Sabtu, 15 Januari 2022 dengan menggunakan 3 Bus. Sedangkan untuk santri banin berangkat pada Rabu, 18 Januari 2022 dengan menggunakan 3 bus juga.
Sebelum berangkat mereka melakukan Salat sunnah shafar untuk berpergian jauh. Abah K.H. Muhammad Dzilqon juga memberikan doa agar rombongan study tour selamat sentosa sampai tujuan. Tak lupa mereka mereka pun bersalam-salaman dengan Abah serta Umi selaku pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha. Baik rombongan banin dan banat berangkat pada pukul 16.30 WIB, tujuan pertama yaitu ziaroh ke makam Abah K.H.Said Bachrudin Khoirun Jaza di Kranji Pekalongan. Lalu melanjutkan perjalanan langsung ke Tuban. Sesampainya di Tuban langsung melaksanakan Salat subuh berjamaah di Masjid Agung Tuban. Di lanjut ziarah ke makam Sunan Bonang. Setelah ziaroh di makam Sunan Bonang melanjutkan perjalanan ke makam Ibrahim Asmorokondi yaitu ayah kandung dari Sunan Ampel. Yang lokasi nya tidak jauh dari Sunan Bonang.
Setelah itu menuju ke tempat makan dab beristirahat tepatnya di RM. Kurnia yang berada tepat di seberang jalan Wisata Bahari lamongan. Setelah sarapan dan beristirahat selama 4 Jam akhirnya rombongan pun berangkat ke Sunan Drajat yang berada di Lamongan. Dimakam Sunan Drajat tidak berlama-lama karena waktunya sudah mepet. Lalu rombongan pun pergi menuju ke Makam Mbah K.H. Kholil bangkalan di Madura dengan melewati Jembatan Suramadu yang indah dan memanjakan mata.
Dimakam Mbah K.H. Kholil bangkalan rombongan pun melaksanakan Salat jamak takhkir Dzuhur-ashar. Setelah ziaroh dari makan mbah K.H. Kholil bangkalan akhirnya pun makan sore di RM. Suramadu. Setelah mengambil jataha makan sore, rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju Sunan Ampel. Istirahat di Sunan Ampel dari pukul 21.00 – 22.00 WIB. Lalu melanjutkan perjalanan ke Kota Batu, Malang. Lebih tepatnya ke RM. Aromanis. Di RM. Aromanis rombongan pun melakukan ishoma (istirahat Di Rumah makan Arum Manis untuk isoma, sekitar pukul 02.00 – 08.00. tepat pukul 08.20 rombongan berangkat menujutkan ke destinasi yang terakhir yaitu Jatim Part 1. Disana para santri sangat antusias karena Jatim Park 1 merupakan salah satu tempat rekreasi yang memiliki lebih dari 50 wahana yang seru dan tentunya menarik, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Mpu Gandring, Ken Arok, dan Ken Dedes), spinning coaster, drop zone, jet cooster, dan masih banyak wahana lainnya. Tidak hanya untuk rekrteasi tetapi sebagai wahana pendidikan diantaranya adalah Volcano, Galeri Nusantara Science Center Kimia & Biologi, Outdoor Science Center, Amazing Human Body, Anjungan Jatim & Irian Jaya, diorama binatang langka, sains dan miniatur candi-candi dll. Dengan memadukan secara serasi konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism). Tiba pukul 16.30 WIB rombongan kembali ke Rumah Makan Arum Manis untuk melakukamn isoma sebelum menuju destinasi yang terakhir yaitu BNS (Batu Night Spectacular,). Berhubung cuaca tidak mendukung akhirnya agendfa yang semuala ke BNS dicancel. Sehingga dilanjutkan menuju pusat oleh-oleh Kirangan yang masih berada di sekitar Kota Batu. Disana para santri membeli bermacam-macam oleh-oleh misalnya: pernak-pernik, kaos, serta oleh-oleh khas Malang lainnya. Setelah puas berbelanja, bus pun melaju perjalanan pulang. Tepat pukul 01.00 WIB tiba Rumah Makan yang berada di Ngawi untuk melaksanakan salat jamak takhir magrib dan isya dilanjutkan makan malam. Sekitar pukul 02.30 WIB bersiap-siap untuk melakukan perjalanan pulang. Berhentui di Rest Area Semarang untuk melakukan salat Subuh. Hjingga akhirnya rombonga dan santri banat kembali ke pondok Selasa, Januari 2021 dan santri banin kembali ke pondok Jumat, 21 Januari 2022.
Bagaimana perjalanan Study Tour kali ini? Asiiik kan? Yang pasti bak kenangan yang tak kan terlupakan disetiap sela-sela tawa antara para santri ELKANSHA ini yaa. Semoga kita bisa bertemu lagi diedisi selanjutnya dengan topik-topik yang lebih menarik dan saying untuk dilewatkan. Sekian dari kami.
wassalamualaikum

Leave A Reply

Your email address will not be published.