Smart and Religious!

EDUKASI

356

Assalamualaikum wr.wb.
Hallo guys, welcome back in our beloved magazine…. Pada edisi kali ini kita akan mengulas, mengutik sedikit tentang program inggris tahunan di Al Fusha, check this out….
For your information, sekilas flashbacak ke masa lalu ya gais. Al Fusha sudah mengadakan program inggris selama 3 tahun. Tahun pertama tepatnya bulan Juli 2019 ditahun pelajaran 2019/2020 Al Fusha memberangkatkan peserta didik kelas VII baik banin maupun banat, masing-masing didampingi oleh guru. Sebelumnya para uztad, uztadzah beserta dewan guru yang nantinya mengajar Top Class diberangkatkan ke Pare untuk belajar berbahasa Inggris selama kurang lebih dua minggu.
Lain lagi pada tahun pelajaran 2020/2022 sampai sekarang Al Fusha tiap tahun mendatangkan beberapa tutor dari Kampung Inggris Pare, Kediri. Di tahun pelajaran 2021/2022 tepatnta Ahad. 9 Januari 2022 Al Fusha kedatangan 32 tutor dari Pare tentunya untuk mengoper ilmu, dan juga pengalamannya ke seluruh santri Al Fusha dan guru-guru Al Fusha. Tujuan sama dengan tahun-tahun yang lalu yaitu untuk membantu mensukseskan program inggris di PPT Al Fusha. Namun kegiatan kali ini berbeda dari sebelumnya, karena tidak hanya untuk kelas 7 dan 10, tapi juga untuk kelas 8 dan 11. Kegiatan ini dimulai dari mulai pagi hari, sama seperti waktu ketika sekolah formal yaitu pukul 07.00 – 11.00, pada siang hari tepatnya pukul 13.30 dan pada malam hari ketika jam wajib belajar berlangsung.
Ada tiga jenis kelas yang dibedakan sesuai tingkatan masing-masing, yaitu tingkatan A untuk kelas 7 dan 10, tingkatan B untuk kelas 8 dan 11, dan tingkatan C untuk LA & LIC. Setiap tingkatan pastinya memiliki materi yang berbeda-beda. Untuk kelas 7 dan 10 yaitu part of speech for base, grammar for base, vocabularies and daily expression. Kelas 8 dan 11 yaitu next level of part of speech, next level for grammar, vocabularies and daily expression. Dan untuk LA & LIC yaitu part of speech, grammar, how to speak English well, how to spell atau bisa disebut speaking, vocabularies absolutely. Untuk pembagian kelasnya menggunakan kelas yang sama dengan sekolah formal. Disela-sela penyampaian materi, tentunya para tutor tidak lupa untuk menyelipkan beberapa game agar para santri tidak bosan dengan materi. Permainan yang dilakukan tidak menyimpang batas belajar. Tetapi permainan tersebut masih dalam konteks belajar karena di dalam permainan tersebut tetap menggunakan Bahasa Inggris.
Sebenarnya pada awal kegiatan ini, para santri belum terbiasa dengan padatnya jadwal pembelajaran yang mereka jalani saat ini, tapi lama-kelamaan mereka sudah terbiasa dengan itu, dan merasa senang dengan adanya program ini. Begitu juga dengan para tutor yang pastinya harus bisa menyesuaikan diri agar bisa beradaptasi dengan lingkungan pondok. Program ini sangat membantu kita semua untuk tetap dan terus belajar berbahasa Inggris dengan mahir sehingga para santri sangat antusias mengikuti segala kegiatan. Oh iya, para tutor juga selalu berkunjung ke kamar-kamar anak yang mereka ampu, hal ini bdertujuan agar para santri lebih merasa akrab dengan para tutor. Sehingga dalam mengikuti pembelajaran anak-anak merasa senang karena sudah terbangunnya chemistry antara santri dan tutor. Tutor biasanya berkunjung pada saat malam hari setelah pembelajaran selesai, hanya sekedar main dan berbincang tentang pengalaman mereka, tetapi tutor tersebut memberikan tips-tips cepat dan mudah agar santri Al Fusha mahir berbahas Inggris.
Trik tersebut antara lain:
1. Belajar Kosakata
Untuk mempelajari kosakata, kita bisa menggunakan berbagai cara. Misalnya menulis beberapa kosakata di catatan kecil secara rutin atau juga menggunakan Flashcard. Meski terdengar membosankan, penggunaan Flashcard nyatanya terbukti ampuh untuk menghafalkan kata karena dengan cara tersebut kita akan mengulangnya secara terus menerus.
2. Membaca Berita atau Artikel Berbahasa Inggris
Sering baca berita dan artikel? Nah, kamu bisa membaca berita dan artikel berbahasa Inggris. Biasakan dirimu adengan mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris. Cari berita dengan topik yang kamu senangi, misalnya bisnis, selebriti atau kesehatan.
3. Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris
Di jaman serba canggih seperti sekarang, kamu bisa menyesuaikan gaya belajar yang kamu inginkan. Jika membaca berita atau artikel terlalu membosankan, kamu bisa mendengarkan Podcast berbahasa Inggris yang sekarang bisa kamu temui dengan mudah.
4. Menulis dengan Bahasa Inggris
Siapkan buku catatan ke manapun kamu pergi. Cari kosakata yang kamu anggap menarik setiap hari dan tulis di buku tersebut. Jangan malu jika menulis kalimat yang salah, dari sana kamu bisa belajar banyak dan memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan. Menulis kalimat berbahasa Inggris secara rutin juga akan membuatmu mengingat kalimat tersebut dan memahaminya.

Mungkin sampai sini our little information for you about English Annual Program on 2022 in Al Fusha, semoga dapat bermanfaat buat kita semua yaa. keep spirit, keep healty, and don’t forget to stay safe and stay learn. See you in the next edision.
Wassalamualaikum wr.wb

Leave A Reply

Your email address will not be published.