Gelombang PHK di Industri Otomotif: Mengapa Perusahaan Mobil Memotong Ribuan Pekerja

## Krisis Pekerjaan di Industri Otomotif: Mengapa Perusahaan Mobil Memangkas Ribuan Pekerja

Beberapa produsen mobil besar di seluruh dunia telah mengumumkan pemutusan hubungan kerja dan penutupan pabrik dalam beberapa minggu terakhir. Perusahaan-perusahaan yang terkena dampak termasuk Ford, GM, Stellantis, dan Grup Volkswagen.

### Penyebab Utama

Hal ini disebabkan oleh investasi mobil listrik yang tidak menguntungkan, kerugian pasar Tiongkok, dan persaingan domestik yang semakin ketat.

### Rencana Pemutusan Hubungan Kerja

Ford, General Motors, Stellantis, dan Volkswagen memiliki rencana untuk memangkas ribuan pekerja dari tenaga kerja mereka dalam beberapa bulan mendatang. Volkswagen juga telah mengumumkan rencana untuk menutup tiga pabriknya di Jerman, yang bisa berdampak pada pemutusan hubungan kerja massal.

### Tantangan yang Dihadapi

Tidak hanya satu masalah yang dihadapi oleh produsen mobil besar di dunia, tetapi sejumlah tantangan yang signifikan yang saling terkait secara bersamaan. Bisnis yang sangat kompetitif dengan biaya overhead tinggi dan margin keuntungan rendah membuat situasi semakin sulit.

### Dampak Situasi Saat Ini

Ketika terjadi pergeseran liar dalam dinamika pasar, persyaratan regulasi, dan biaya keuangan dalam periode waktu yang relatif singkat, hasilnya bisa sangat buruk. Itulah yang sedang kita saksikan saat ini. Sebuah Pivot Besar dan Mahal ke EV Gagal Membuat Keuntungan

Industri otomotif telah menginvestasikan atau mengumumkan rencana untuk menginvestasikan lebih dari $300 miliar dalam produksi EV dan baterai di AS sejak tahun 2016, menurut perkiraan NRDC. Hal ini telah menghasilkan sejumlah model baru di pasar dan harga yang (relatif) lebih murah bagi konsumen.

Namun, meskipun pertumbuhan tersebut – dan dengan EV menyumbang sekitar 10% dari penjualan mobil di AS – perusahaan yang bukan Tesla telah kesulitan untuk membuat bisnis EV mereka menguntungkan.

GM, misalnya, telah menginvestasikan $35 miliar dalam bisnis EV dan otonomosnya. Hal ini menghasilkan model-model listrik baru seperti Hummer EV dan Cadillac Lyriq. Peningkatan Pesat Pasar Otomotif China

Pertumbuhan eksponensial dalam minat China terhadap mobil selama dua dekade terakhir membuatnya menjadi pusat keuntungan yang stabil bagi produsen otomotif global seperti Grup VW dan GM. Meskipun demikian, laba perusahaan tahun ini sepenuhnya didorong oleh penjualan kuat truk dan SUV bermesin bakar internalnya.

Meskipun GM mengharapkan mobil listriknya akan mencapai keuntungan suatu saat sebelum akhir tahun. Namun, cerita yang sama terjadi di Ford. Bagian mobil listrik Model e perusahaan ini kehilangan hampir $3,7 miliar selama sembilan bulan pertama tahun ini, termasuk $1,2 miliar hanya dalam satu kuartal terakhir.

Transformasi Cepat Pasar China

Pertumbuhan eksponensial dalam minat China terhadap mobil selama dua dekade terakhir membuatnya menjadi pusat keuntungan yang stabil bagi produsen otomotif global seperti Grup VW dan GM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *