Klarna Mengamankan Kesepakatan Pembayaran Global dengan Stripe Sebelum IPO Besar

Klarna dan Stripe: Kemitraan Baru untuk Pertumbuhan Bisnis

Baru-baru ini, perusahaan “beli sekarang, bayar nanti” Klarna berencana untuk kembali ke profitabilitas pada musim panas 2023. Klarna telah setuju untuk menjalin kemitraan distribusi besar dengan perusahaan fintech lainnya, yaitu Stripe, dalam upaya untuk memperluas jangkauan dan menambah lebih banyak pedagang menjelang pencatatan sahamnya di Amerika Serikat.

Kemitraan Strategis dengan Stripe

Layanan beli sekarang, bayar nanti (BNPL) dari Klarna akan menjadi opsi pembayaran bagi pedagang yang menggunakan alat pembayaran dari Stripe di 26 negara. Ini bukan kali pertama Klarna dan Stripe bekerja sama. Pada tahun 2021, di tengah gejolak fintech yang dipicu pandemi Covid-19, Stripe mengumumkan bahwa Klarna akan menawarkan rencana BNPL kepada pedagangnya.

Manfaat dari BNPL

Rencana BNPL adalah pinjaman angsuran yang memungkinkan konsumen membeli sesuatu secara online atau di toko dan kemudian melunasi utang mereka, entah pada tanggal yang akan datang atau selama periode angsuran bulanan yang sama. Rencana BNPL telah menjadi cara populer bagi orang untuk menyebarkan biaya pembelian sehari-hari.

Potensi Pertumbuhan untuk Klarna dan Stripe

Kemitraan baru dengan Stripe memberikan dorongan besar bagi Klarna saat persiapkan diri untuk penawaran saham publik yang sangat dinanti-nantikan. Klarna secara rahasia mendaftarkan diri untuk IPO di Amerika Serikat pada bulan November. Perusahaan ini bisa mencapai valuasi sebanyak $20 miliar.

Analisis Valuasi Klarna

Analisis baru-baru ini menilai Klarna, yang didirikan pada tahun 2005, sekitar $15 miliar. Pada puncaknya selama lonjakan saham fintech yang dipicu pandemi, perusahaan ini menarik valuasi sebesar $46 miliar dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh SoftBank’s Vision Fund 2 pada tahun 2021. Namun, pada tahun 2022, Klarna mengalami penurunan sebesar 85% dalam putaran pendanaan baru yang menilai perusahaan sebesar $6,7 miliar.

Manfaat BNPL untuk Pengusaha

Para pendukung BNPL mengklaim bahwa rencana ini merupakan cara untuk meningkatkan tingkat transaksi secara keseluruhan, karena pembeli dapat membeli lebih banyak barang dalam jangka waktu yang lebih pendek dan kemudian melunasinya dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebuah studi yang dilakukan oleh Stripe tahun lalu menemukan bahwa bisnis yang menawarkan BNPL sebagai metode pembayaran menghasilkan hingga 14% lebih banyak pendapatan dari konversi yang lebih tinggi dan nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Dengan kemitraan baru dengan Stripe, Klarna dapat melihat pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah pedagang dan pendapatan. Kedua perusahaan berharap bahwa kemitraan ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan membantu meningkatkan layanan pembayaran online di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *