Pendiri Bluesky Jay Graber menyatakan bahwa X rival adalah ‘tak tertandingi oleh miliarder’

Bluesky: Platform Media Sosial Alternatif yang “Billionaire Proof”

Popularitas Bluesky Meningkat Pasca Pemilihan Presiden

Bluesky telah melonjak popularitasnya sejak pemilihan presiden awal bulan ini, tiba-tiba menjadi pesaing bagi X milik Elon Musk dan Threads milik Meta. Namun, CEO Jay Graber memiliki kata-kata peringatan untuk calon pembeli: Bluesky adalah “billionaire proof.”

Desain Terbuka untuk Perlindungan Pengguna

Dalam wawancara dengan CNBC’s “Money Movers,” Graber mengatakan bahwa desain terbuka Bluesky dimaksudkan untuk memberikan pengguna opsi untuk meninggalkan layanan dengan semua pengikut mereka, yang dapat menghambat upaya akuisisi potensial.

Kebebasan dari Pengaruh Miliarder

“Kebebasan dari pengaruh miliarder terletak pada cara segalanya dirancang, dan jika seseorang membeli atau jika perusahaan Bluesky bangkrut, segalanya adalah sumber terbuka,” kata Graber. “Yang terjadi pada Twitter tidak akan terjadi pada kami dengan cara yang sama, karena Anda selalu memiliki opsi untuk segera pindah tanpa harus memulai dari awal.”

Perbandingan dengan X dan Threads

Bluesky kini memiliki lebih dari 21 juta pengguna, meskipun masih kalah jauh dari X dan Threads, yang diluncurkan oleh Meta pada Juli 2023. X dan Meta belum menanggapi permintaan komentar.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bluesky

Bluesky diciptakan pada tahun 2019 sebagai proyek internal Twitter selama masa jabatan kedua Jack Dorsey sebagai CEO, dan menjadi perusahaan publik berbentuk badan hukum pada tahun 2022. Pada bulan Mei tahun ini, Dorsey mengumumkan bahwa ia tidak lagi menjadi anggota dewan Bluesky.

Model Bisnis dan Monetisasi

Bagian dari rencana bisnis Bluesky melibatkan penawaran langganan yang memungkinkan pengguna mengakses fitur khusus. Graber juga mengatakan bahwa Bluesky akan menambahkan lebih banyak layanan untuk pengembang pihak ketiga sebagai bagian dari “ekosistem pengembang” startup tersebut.

Graber mengatakan Bluesky telah menyingkirkan kemungkinan untuk membiarkan pengiklan mengirimkan iklan yang direkomendasikan secara algoritmik kepada pengguna.

Pertumbuhan dan Dukungan Keuangan

Pada Oktober, Bluesky mengumumkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan $15 juta dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Blockchain Capital. Total dana yang berhasil dikumpulkan oleh perusahaan ini mencapai $36 juta, menurut Pitchbook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *