Reddit Membidik Pengguna Internasional untuk Pertumbuhan Lebih Lanjut
Logo Reddit di website.
Jakub Porzycki | Nurphoto | Getty Images
Upaya Reddit untuk Menarik Pengguna Internasional
Reddit sedang meningkatkan upaya untuk menarik lebih banyak pengguna di luar Amerika Serikat, dengan fokus pada negara-negara seperti India dan Brasil untuk membuka peluang iklan baru, kata eksekutif perusahaan terkemuka kepada CNBC.
Jen Wong, chief operating officer Reddit, mengatakan bahwa platform lain memiliki 80% hingga 90% pengguna di luar AS sementara sekitar setengah pengguna perusahaan saat ini berbasis internasional.
“Jadi, itu menunjukkan banyak peluang pertumbuhan pengguna kami di luar AS dan bahasa lokal,” kata Wong kepada CNBC. “Peluang tersebut, cara saya memikirkannya, adalah setiap bahasa adalah kesempatan bagi Reddit lainnya.”
Reddit secara historis merupakan platform berbahasa Inggris, namun perusahaan ini berencana untuk memperluas jangkauan internasionalnya dengan bantuan terjemahan kecerdasan buatan. Tahun ini, Reddit meluncurkan fitur yang secara otomatis menerjemahkan situsnya ke berbagai bahasa.
Wong mengatakan bahwa sekitar 20 hingga 30 bahasa bisa tersedia pada akhir tahun ini.
Peluang di India
Di antara pasar tercepat pertumbuhannya adalah Inggris, Filipina, India, dan Brasil.
“India tumbuh dengan sangat cepat,” kata Wong. “Kami melihat peluang besar di India.”
COO Reddit mengatakan bahwa India memiliki populasi internet berbahasa Inggris yang besar, dan terdapat banyak pengguna yang aktif di sekitar topik-topik seperti kriket dan industri film Bollywood.
Peluang Periklanan
Pertumbuhan di pasar seperti India dapat mendorong Reddit untuk meningkatkan pendapatan iklan, sumber pendapatan utamanya.
Pasar internasional menyumbang sedikit lebih dari 17% dari pendapatan Reddit saat ini, menurut hasil kuartal ketiga perusahaan, meskipun sekitar 50% penggunanya berada di luar AS.
Wong mengatakan bahwa Reddit pertama-tama mencoba iklan lintas batas untuk pasar internasional, seperti ketika merek Eropa mencari iklan di AS. Kemudian, ketika Reddit mencapai sekitar 10% dari populasi internet suatu negara, ada peluang untuk membangun tim yang fokus pada periklanan lokal – seperti merek India beriklan kepada pengguna India.
Hal ini belum terjadi di banyak pasar, namun Reddit terus memantau banyak negara dengan pertumbuhan tercepat, kata Wong.
Alat Pencarian Baru
Pengguna Reddit akan tahu bahwa tidak selalu mudah untuk menemukan apa yang Anda cari di situs tersebut – sebuah kekurangan yang sekarang sedang diubah oleh perusahaan dengan alat pencarian baru.
Selama panggilan pendapatan kuartal ketiga Reddit bulan lalu, CEO Steve Huffman menyebut pencarian di platform ini sebagai “investasi yang difokuskan” pada tahun 2025.
Wong menjelaskan bahwa perusahaan memandang fitur pencarian sebagai cara untuk membantu pengguna menavigasi situs untuk menemukan topik atau pos yang serupa yang mungkin mereka lewatkan sebelumnya.
“Anda mendarat di suatu pos, namun hampir seperti jalan buntu. Namun ada banyak pos, seringkali seperti pos tersebut, atau ada pos lain seperti pos tersebut di komunitas lain. Jadi memberi Anda pandangan total tentang bagaimana itu terlihat adalah peluang yang sangat menarik,” kata Wong.
“Memandu Anda melalui Reddit saat Anda mengikuti garis pemikiran itu, adalah bagaimana kami memandang peluang tersebut.”
Wong menolak untuk mengungkapkan lebih banyak kecuali, “Kami sedang menguji banyak hal.”