Sebuah kabin Delta Air Lines.
Leslie Josephs/CNBC
Senat AS Kritik Maskapai Penerbangan atas Biaya Tempat Duduk
Pada hari Selasa, sebuah subkomite Senat AS mengecam maskapai penerbangan besar maupun kecil atas biaya untuk memilih tempat duduk di pesawat.
Antara tahun 2018 dan 2023, American, Delta, United, Spirit, dan Frontier berhasil mengumpulkan $12,4 miliar dalam biaya tempat duduk, termasuk untuk tempat duduk dengan ruang kaki ekstra serta tempat duduk di lokasi “terpilih” yang lebih dekat ke depan pesawat, atau tempat duduk jendela atau lorong, menurut laporan dari Subkomite Tetap Senat tentang Investigasi.
Pada tahun lalu, pendapatan United dari biaya tempat duduk mencapai $1,3 miliar, pertama kalinya sejak setidaknya 2018 kategori tersebut melampaui pendapatan biaya bagasi terperiksa, demikian laporan tersebut.
Walau sebagian besar maskapai besar AS telah menghapus biaya perubahan tiket untuk tiket ekonomi standar, mereka menambahkan biaya untuk memilih tempat duduk yang lebih populer atau lebih luas di pesawat. Maskapai juga berlomba-lomba untuk menambahkan lebih banyak tempat duduk premium di pesawat untuk meningkatkan pendapatan.
Perjuangan Menghapus Biaya “Junk Fees”
Menghilangkan biaya “junk fees” telah menjadi prioritas bagi administrasi Biden. Senator Richard Blumenthal, D-Conn., ketua subkomite tersebut, mengatakan bahwa para eksekutif maskapai telah dipanggil untuk memberikan kesaksian tentang praktik ini pada rapat pada 4 Desember yang berjudul “The Sky’s the Limit—New Revelations About Airline Fees.”
Airlines for America, sebuah kelompok dagang yang mewakili maskapai terbesar AS, mengatakan bahwa perjalanan udara telah menjadi lebih terjangkau dan bahwa pelanggan dapat memilih apa yang ingin mereka bayar di dalam pesawat.
Kritik terhadap Maskapai Anggaran
Laporan juga mengkritik maskapai anggaran Spirit dan Frontier, mengatakan bahwa mereka membayar agen pintu sebesar $26 juta antara 2022 dan 2023 untuk “menangkap penumpang yang diduga melanggar kebijakan bagasi maskapai, seringkali memaksa penumpang tersebut untuk membayar biaya bagasi atau melewatkan penerbangan mereka.”
Spirit mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “transparan tentang produk dan harga kami, kebijakan bandara kami memastikan bahwa Tamu diperlakukan dengan adil dan sama, dan kami mematuhi semua undang-undang dan peraturan pajak.”
Frontier mengatakan bahwa komisi untuk agen pintu “hanya dirancang untuk mendorong anggota tim kami untuk memastikan kepatuhan dengan persyaratan ukuran bagasi sehingga semua pelanggan diperlakukan dengan adil dan sama, termasuk mayoritas yang mematuhi aturan.”