Penulis yang Berani Mengambil Risiko: Dari Pengacara Menjadi Pembuat Acara TV di Hulu


Charles Yu: Dari Pengacara Menjadi Penulis dan Showrunner

Dalam adaptasi novelnya “Interior Chinatown” tahun 2020, Charles Yu berhasil menciptakan serial Hulu yang dibintangi oleh Jimmy O. Yang.

Yu memiliki karier panjang sebagai seorang pengacara, di mana ia juga menerbitkan beberapa karya fiksi.

Ia beralih ke penulisan secara penuh setelah ditugaskan di serial HBO “Westworld.”

Pendidikan dan Karier Sebagai Pengacara

Sebagai lulusan Columbia Law School, Yu bekerja sebagai pengacara selama 13 tahun dengan pengalaman di firma terkemuka Sullivan & Cromwell LLP dan perusahaan elektronik Belkin. Selama itu, ia tetap sibuk secara kreatif dengan menerbitkan tiga buku yang ia tulis di waktu luangnya.

Pergeseran dari Hukum ke Penulisan TV

Meskipun “cinta pertama” Yu adalah literatur, ia akhirnya memilih karier hukum yang praktis namun tetap sesuai dengan bakat sastranya. Namun, pada tahun 2014, ia dihadapkan pada kesempatan besar ketika ditawari posisi penulis staf di serial fiksi ilmiah HBO yang populer, “Westworld.” Keputusan sulit harus diambil.

Dari Penulis hingga Showrunner

Pilihan Yu membawanya ke posisinya saat ini, sepuluh tahun kemudian, sebagai showrunner serial Hulu “Interior Chinatown” – berdasarkan pada buku dengan judul yang sama yang ditulis oleh Yu sendiri. Komedi konsep tinggi ini, yang memiliki Taika Waititi sebagai produser eksekutif, mengikuti kisah Willis Wu (Jimmy O. Yang), seorang karakter latar belakang dalam sebuah drama polisi yang sangat ingin menjadi sesuatu yang lebih.

Yu berbicara dengan BI tentang apa yang meyakinkannya untuk beralih dari hukum ke TV, dan bagaimana ia membangun karir menulisnya sambil tetap menjalani pekerjaan penuh waktu yang menuntut.

Remaja Berubah Menjadi Penulis Televisi Setelah Karir Hukum yang Panjang

Sebelum Anda dipekerjakan di “Westworld,” Anda memiliki karir hukum yang cukup panjang. Bagaimana Anda menyeimbangkan menulis dengan bekerja?

Hal itu berubah setiap hari. Saat itu, tunangan saya sekarang istri, sangat memahami dan sabar serta tahu bahwa saya memiliki passion ini. Jadi sebelum kami memiliki anak, terutama, ada cukup waktu untuk menulis. Namun, hal itu menjadi lebih sulit setelahnya.

Namun, itu adalah pekerjaan yang menuntut. Hal yang menarik dari menulis adalah saya tidak mencoba menjadi sutradara film. Saya bukan pemain saxophon. Saya bisa berlatih di mobil, di kafe selama 30 menit, bahkan saat makan siang. Mencoret-coret beberapa hal, rasanya seperti tempat perlindungan yang baik.

Bagaimana Anda memperkirakan kedua jenis pekerjaan itu? Apakah seperti, “Saya memiliki panggilan dan saya memiliki karier?”

Ya, saya suka cara Anda merangkainya. Saya maksud, itu adalah panggilan. Saya memiliki karier, dan itu adalah sumber kehidupan saya. Saya tidak pernah berpikir menulis sebagai sumber kehidupan yang layak sampai pada saat itu secara harfiah menjadi pekerjaan saya melalui TV.

Saya pikir mudah untuk melihat jalannya terlihat lebih mulus, atau lebih disengaja daripada sebenarnya. Jujur, ada saat-saat di mana saya meragukan kedua sisi ini. Bagaimana Saya Bisa Keluar dari Karier Hukum Ini, Karena Saya Tak Akan Pernah Benar-benar Tahu Apa yang Bisa Saya Lakukan? Dan di Sisi Lain Seperti, “Apakah Saya Malah Menghabiskan Waktu Saya?”

Saya sangat berjuang dengan hal itu, karena banyak hari-hari, tidak ada yang produktif yang keluar. Itu terasa mengerikan, bukan?

Ketika Anda dipekerjakan di “Westworld,” apakah Anda sengaja mencoba untuk pindah dari bidang hukum ke dunia TV saat itu?

Hal itu terjadi selama beberapa tahun. Saya sudah memiliki agen buku. Dia bukan agen saya saat ini, tapi dia menghubungkan saya dengan agen hak film dan TV di United Talent Agency. Mereka, awalnya, mewakili saya hanya untuk hak-hak fiksi saya.

Tapi saya pikir, mungkin sebagian karena saya tinggal di LA, dan sebagian karena saya menunjukkan minat, saya berkesempatan bertemu dengan eksekutif dan produser dan melihat apakah ada hal lain selain buku dan cerpen saya yang mungkin bisa saya tawarkan kepada mereka – atau hanya untuk membangun hubungan.

Selama beberapa tahun, saya sedikit lebih nyaman dengan itu, dan saya mulai memikirkan untuk menulis naskah. Saya bahkan menulis pilot yang buruk berdasarkan ide saya sendiri. Saya pikir, itu benar-benar buruk. Agen saya mungkin sangat – maksud saya, saya yakin mereka sudah pernah melihatnya sebelumnya, tapi mereka berkata, “Ya, mungkin kita tidak mengirimnya keluar.”

Tapi mereka mengirimkannya. Mereka mengirimkannya ke beberapa orang, saya pikir, yang sangat baik dan sabar. Dan saya mulai memikirkan mungkin melakukan itu. Saya tidak memikirkan untuk dipekerjakan di acara orang lain, yang akhirnya bagaimana saya mendapatkan panggilan tersebut dan dipekerjakan di acara HBO.

Saya mencoba peruntungan saya, dan selama dua, tiga tahun, saya somehow menemukan jalan saya masuk ke daftar dan bisa mendapatkan wawancara kerja.

Apa yang membuatnya terasa sebagai langkah karier yang layak saat itu?

Dua hal. Pertama, asuransi kesehatan. Itu sangat penting bagi istri saya, terutama saat itu. Kami masih memiliki dua anak. Kami baru saja pindah ke rumah baru, dan kami pindah sedikit ke luar LA ke Orange County, tapi kami memiliki hipotek dan kami membutuhkan asuransi kesehatan. Jadi, bisa kah kamu mendapatkannya? Dan saya bisa, berkat Writers’ Guild.

Dan kedua, rasanya seperti hal yang layak diambil risiko. Itu adalah serial yang terjual, jadi saya tahu saya akan memiliki setidaknya enam bulan pekerjaan yang dijamin di acara ini. Saya benar-benar tidak menganggap enteng bahwa saya akan mendapatkan pekerjaan lain setelah itu.

Jujur, saya cukup takut risiko. Tapi saya pikir itu hanya karena sifat peluang ini, titik keputusan yang nyata. Saya tidak bisa melakukan keduanya, jelas. Saya tidak bisa berada di ruang penulis dan praktik hukum. Mengambil Keputusan untuk Meninggalkan Profesi Hukum untuk Menulis Skrip TV

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk mengambil langkah besar ini. Meskipun begitu, saya tetap menjaga lisensi bar saya tetap aktif selama beberapa tahun setelahnya.

Bagaimana Pengalaman Menulis Membentuk “Interior Chinatown”?

Menurut saya, saya ingin menulis sesuatu yang sedikit lebih pribadi, bukan berarti saya menghindarinya sebelumnya. Hanya saja, rasanya ada sesuatu di dalam diri saya yang ingin bercerita tentang kisah ini, tentang keluarga ini, dengan cara yang lebih langsung daripada sebelumnya.

Willis bukanlah saya, tapi saya merasa ada tekanan internal untuk ingin menulis tentang keluarga ini sebagai jenis fantasi, atau versi realitas alternatif tentang bagaimana orang tua saya bercerita tentang kehidupan mereka dan orang-orang dalam komunitas mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *